Senin, 09 Juli 2012

Sekilas Tentang Ethernet Splitter

Beberapa hari yang lalu seorang kawan bertanya pada saya, “Gus, tahu ga dimana beli Ethernet Splitter?” Saya jawab tidak tahu. Sebab alat yang satu ini jarang saya temui dan memang belum pernah saya gunakan. Lalu saya berpikir, kenapa tidak saya jadikan sebuah topik artikel saja di blog ini. Mungkin tidak sedikit dari Anda yang belum tahu tentang apa itu Ethernet Splitter. Langsung saja say browsing tentang topi ini. Akhirnya, setelah browsing ke beberapa situs dan blog salah satunya, akhirnya saya menemukan beberapa sumber. Hasil browsing saya tersebut akan saya bahas dibawah ini.

Ethernet Splitter adalah sebuah alat yang memungkinkan kita menghubungkan 2 (dua) komputer (perangkat network lainnya) ke dalam jaringan LAN kabel hanya dengan menggunakan sebuah kabel LAN. Dengan kata lain, kita bisa menghubungkan 2 komputer ke hub, switch atau router melalui 1 kabel LAN saja. Alat ini juga sering disebut dengan Ethernet cable splitter atau LAN splitter.

Ethernet Splitter

Mungkin Anda pernah mempunyai pengalaman menambahkan sebuah komputer lagi ke dalam jaringan LAN kabel, namun tidak memungkinkan lagi untuk menambah kabel oleh karena tidak mempunyai kabel yang cukup untuk itu. Untuk membeli kabel baru, mungkin dana belum cukup. Mengingat harga per-meter dari kabel CAT-5 yang biasa digunakan dalam jaringan LAN cukup mahal.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan alat yang benama Ethernet Splitter untuk menambah sebuah komputer kedalam jaringan tanpa harus menambah kabel LAN. Seperti yang telah saya sebutkan di atas alat ini memungkinkan kita untuk menghubungkan 2 komputer ke jaringan LAN hanya dengan 1 kabel.

Menurut sumber yang saya baca, Ethernet splitter harus digunakan secara berpasangan. Jika hanya menggunakan 1 (satu) buah, maka tidak akan bekerja. 1 (satu) splitter digunakan pada ujung kabel yang akan terhubung ke hub atau switch dan 1 (satu) lagi pada ujung kabel yang akan terhubung ke komputer.

Apakah Ethernet Splitter Bekerja dengan Baik?
Sayangnya, seperti yang saya sebutkan di awal artikel, alat ini jarang saya temukan. Beberapa toko alat-alat komputer yang saya kunjingi tidak memilikinya. Jadi saya belum bisa mencoba untuk mengetahui apakan alat ini berkeja dengan baik ataupun tidak.

Sebenarnya ada sebuah tutorial untuk membuat ethernet splitter yang saya temukan yaitu di situs Instructables.com pada halaman How-to make your own Ethernet “splitter”. Namun, kedalanya salah satu alat yang dibutuhkan juga cukup sulit ditemukan, yaitu RJ-45 keystone jack.

Untuk itu, apabila ada diantara Anda sudah pernah mencoba menggunakan ethernet cable splitter ini, saya mengundang Anda untuk berbagi pengalaman Anda melalui komentar di bawah. Selain itu, apabila Anda berada di seputaran Bali, khusnya Denpasar dan mengetahui toko yang menjual Ethernet Splitter, mohon memberikan info Nama dan alamat toko tersebut. Agar nanti bisa saya kunjungi untuk membeli alat ini dan segera melakukan percobaan.

Gambar dari: Amazon.com – Cables to Go 37133 2-Port RJ45 Splitter

Suka dengan artikel ini? Bagikan dengan teman Anda:

Ingin mendapatkan update ke email Anda?
Klik disini untuk berlangganan artikel gratis melalui Email.
Anda juga bisa berlangganan melalui RSS Feed

0 comments:

Posting Komentar