Selasa, 24 Juli 2012

Komputer Hang, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Komputer hang secara tiba-tiba seringkali dikeluhkan oleh para pengguna komputer karena sangat mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Misalnya saat sedang mengetik dengan Ms Word atau sedang membuat laporan di Ms Excel, tiba-tiba komputer hang sebelum sempat menyimpan hasil pekerjaan, tentu akan sangat menjengkelkan. Penyebab komputer hang sebenarnya bermacam-macam, sehingga Anda sebagai seorang pengguna komputer juga akan lebih baik jika mengetahuinya sekaligus cara mengatasinya.

komputer hang

Berikut ini akan kami ulas mengenai penyebab komputer hang dan cara mengatasinya.

1. Sistem operasi rusak.

Sistem operasi yang terinstal di komputer kita dalam waktu yang cukup lama seringkali mengalami kerusakan seperti misalnya beberapa file yang sistem yang corrupt. Hal ini biasa disebabkan oleh terjadinya crash dengan sebuah program lain yang terinstal atau bisa juga karena serangan virus. Sehingga sistem operasi tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Langkah yang paling efektif untuk mengatasi komputer hang karena kerusakan OS adalah dengan cara menginstal ulangnya.

2. RAM bermasalah.

Komputer hang juga kerap disebabkan oleh masalah pada RAM atau memory. Permasalahan yang paling sering adalah adanya debu atau kotoran pada bagian pin atau kaki-kakinya. Cara membersihkannya cukup dilap dengan kain dan dibersihkan dengan penghapus karet.

3. Harddisk bermasalah.

Untuk harddisk yang sudah dipakai terlalu lama (tua) seringkali mengalami penurunan performa, sehingga bisa menyebabkan komputer hang. Cara mengatasinya adalah dengan cara memformatnya secara full atau menggantinya dengan yang baru. Lakukan scan dan check disk untuk memeriksa kerusakan pada harddisk.

Power supply yang drop juga bisa menyebabkan komputer hang karena tidak mampu menyediakan daya yang cukup untuk komponen seperti prosesor dan motherboard. Power supply yang terlalu panas juga bisa menyebabkannya cepat rusak. Solusinya adalah dengan cara menempatkan CPU pada tempat yang sirkulasi udaranya cukup lancar sehingga tidak cepat panas.

5. Motherboard rusak

Motherboard sebagai komponen yang paling besar di dalam komputer juga bisa menyebabkan terjadinya komputer hang. Kerusakan pada motherboard seringkali disebabkan adanya korsleting antar komponen ataupun suhu yang terlalu panas. Yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan memastikan udara bisa berjalan dengan lancar. Jika memang sudah rusak harus diganti dengan yang baru dan tidak dianjurkan hanya mengganti salah satu komponen motherboard yang rusak saja.

Demikian beberapa penyebab komputer hang dan cara mengatasinya, semoga bisa membantu Anda yang kerap menemui masalah komputer hang saat sedang menggunakannya.

DMCA.com

0 comments:

Posting Komentar